Pages

Wednesday, April 27, 2011

Yogyakarta...Kota yang etnis akan Budaya Jawa : Kraton Yogya

Tugu Yogya
Yogyakarta Terletak di Provinsi Jawa Tengah..,Yogya juga lebih dikenal dengan Kota Pelajar..dimana disini banyak sekali Universitas dan Lembaga Pendidikan lainnya, Kalau mau berkunjung ke Kota ini..hmmm tidak cukup 2-3 hari...dikarenakan banyak sekali tempat-tempat yang menarik di Kota ini.

Landmark dari Kota Yogya ini tak lain berupa Tugu Yogya. Tugu Yogya ini salah satu bangunan peninggalan Sultan Hamengku Buwana I. Pembangunan Tugu tersebut dilakukan untuk memperingati rasa kebersamaan raja (pada waktu itu Pangeran Mangkubumui) dengan rakyat yang bersatu padu melawan Belanda sehingga Pangeran Mangkubumi mendapatkan tanah Mataram dengan tingginya 25 meter. Pada tahun 1867 Tungu ini mengalami kerusakkan akibat gempa dan di renovasi lagi pada tahun 1889 dimana mengalamai perubahan pada tingginya menjadi 15 meter.

Perjalanan ke Kota Yogya bisa menggunakan Pesawat..,kereta api atau dengan kendaraan pribadi, dan pada saat itu saya menggunakan kendaraan pribadi dengan tujuan agar bisa lebih leluasa mengelilingin Kota Yogya, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta selama lebih kurang 8 jam, lumayan lama jadi seseringlah beristirahat jika kita merasa lelah dalam mengendarain mobil.


Sesampainya di Yogya banyak sekali tempat yang bisa di kunjungi, mulai dari Kraton Yogya , Pantai-pantainya , Alun-alun di Yogya ,Candi Prambanan dan Tempat - tempat belanja di Jln Malioboro tapi jangan lupa kalo belanja di sini harus selalu terbisa bertanya terlebih dahulu harga-harganya khususnya untuk membeli makanan dan minuman jangan sampai kita sudah makan atau minum baru membayarnya...karena berdasarkan pengalaman saya pribadi saya beli segelas kecil Jamu tanpa tanya harganya saya kira segelas air jamu kena Rp 500 - Rp1000 saja tapi setelah saya minum..saya dikenakan Rp 10.000..Wooww..segelas jamu yang sangat mahal gitu..,berhubung yang jual jamunya Nenek-nenek saya tak tega..ya sudah di jadikan amal sajalah..lain waktu nanti kalau mau beli sesuatu harus ditanya dulu...

Mari kita sekarang berjalan-jalan di Kota Yogya..dimulai dari :

Kraton Yogya
  
Kraton Yogya
Tempat Pertama yang harus di kunjungi ada Kraton Yogya..,Kraton Yogyakarta adalah Bangunan Bersejarah yang merupakan istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwana berserta keluarganya ini berdiri sejak tahun 1756. Kraton Yogyakarta dengan segala adat istiadat dan budayanya menjadi ruh kehidupan masyarakat Yogyakarta. Kraton Yogyakarta juga menjadi obyek wisata utama di Kota Yogyakarta baik dari sisi peninggalan bangunannya maupun adat istiadat yang ada di dalamnya. Di Kraton Yogyakarta di samping dapat menikmati keindahan masa lalu melalui arsitektur bangunannya, dapat juga menikmati  kesenian tradisional yang disajikan setiap harinya di Bangsal Manganti. Saat ini Kraton Yogyakarta ditempati oleh keluarga Sultan Hamengku Buwana X yang menjadi raja sekaligus gubernur di Yogyakarta. di Kraton Yogya juga terdapat beraneka ragam peninggalan sejarah dari kerajaan Mataram dimana di Kraton ini terdapat musium Batik , musium Keris ,musium Wayang Kulit dan juga ada Musium Kereta kuda yang pada zaman kerajaan dulu sering digunakan.

Saat menikmati pertunjukan Gamelan

Di Kraton Juga sering di gelar pertunjukan pertunjukan tradional Jawa bisa wayang orang tarian-tarian Jawa dan Musik tradional Jawa berupa Gamelan. Sewaktu saya datang ke Kraton pas kebetulan ada pertunjuan tradional musik Jawa menggunakan Gamelan dan alat tradisional lainnya..sungguh harmoninya perpaduan dari masing-masing alat musik tersebut.

Jika selesai dari mengunjungi Kraton Jogya..jangan Lupa mampir dulu untuk makan Bakso di luar Kraton..hmmm rasanya enak.. :)


Dan nantikan Kisah perjalanan berikutnya yang masih berjalan-jalan di daerah Yogya..,kita akan berkunjung ke pusat kota dan tempat-tempat belanja di Yogya.. :)

No comments: