Pages

Thursday, April 14, 2011

Menikmati Pemandian air hangat alami di Ciater - Subang



Sari Ater Subang-Jawa Barat hmm..siapa yang belum mengenalnya..,Sekarang promosi di televisi terus menerus..,pembangunan sarana dan fasilitas pun terus ditingkatkan. Saya datang pertama kali di Sari Ater sekitar tahun 1999 sudah hampir 12 tahun lamanya tapi tetap menjadi tempat favorite saya. Air panas di tempat wisata Sari Ater ini.. merupakan salah satu wisata alam terbesar di Jawa Barat. Selain berekreasi, wisata air panas ini bisa dimanfaatkan untuk terapi penyakit. Berlokasi di Jalan Raya Ciater,Kabupaten Subang.

Setiap tahun selalu ada perubahan dimasing-masing lokasi membuat suasana disana menjadi lebih nyaman dan akrab dengan suasana perdesaan khususnya suasana Sunda. Di setiap lokasi diputar alunan musik dengung Sunda...hmm membuat suasana gimana gitu... :)

Dulu Sejarah tempat wisata Sari Ater ini mulanya lahan hutan belukar yang angker.Namun setelah dibuka oleh orang sakti bernama,Embah Ebos,nuansa angker itu sedikit demi sedikit terkikis.Awal mula nama Ciater pun bermula dari kisah ini. Sekitar tahun 1960-an, atas jasa Embah Ebos ini, hutan di kawasan itu diubah menjadi lahan perkampungan dan diberi nama Ciater.Pada saat itu, masyarakat setempat mengalami kekurangan air bersih. Lantas seseorang bernama Embah Tajimalela mencoba memotong pohon ater.

Nah dari pohon itu ternyata keluar air yang cukup deras.Maka dari legenda itulah warga menjuluki air ater atau Ciater yang berarti air yang memancar. Pancaran air yang keluar dari pohon ater diyakini oleh warga memberi khasiat untuk mengobati sejumlah penyakit, terutama penyakit kulit. Keyakinan itu pulalah yang dibenarkan oleh bangsawan Belanda, Mr Hack Bessel, setelah melakukan penelitian terhadap air berkhasiat. Keberadaan objek wisata air panas Ciater,baru dibenahi pada 1968.Pada waktu itu Pemerintah Kabupaten Subang menunjuk Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) untuk mengembangkan wisata air panas.

Sejarah ini cerita dari penduduk setempat saja..,tapi kalau menurut saya dengan ilmu alam yang saya miliki air panas ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dimana Ciater ini terletak di kaki Gunungnya.


Ini foto kawah Gunung Tangkuban Perahu yang mengeluarkan air belerang jadi menurut Ilmu Alam..kemungkinan besar air panas yang mengandung belerang yang berada di Ciater itu berasal dari sini.

Di luar asal usul air panas tersebut, menikmati pemandian di Ciater itu sangat nyaman bangat...dimana badan kita sangat dimanjakan sama air hangat tersebut..,di Sari Ater sendiri terdapat beberapa kolam rendam khusus tamu hotel jadi bagi yang menginap di Sari Ater ini bisa menikmatinya sepanjang Malam..hehehe asal tahan sama air hangat bahkan terkadang puaanass bangat airnya..

Jika kita sudah mencoba merendamkan badan kita maka akan terasa seluruh peredaran darah berjalan dengan lancarnya..seakan-akan badan kita di pijet-pijet..duhhh enakk bangat deh... :)
Awal kulit kita tersentuh air hangat belerang ini terasa panas tapi jangan takut..itu reaksi awalnya saja..lama kelamaan kulit kita akan beradaptasi dan tidak terasa panas lagi...yg terasa sekarang cuma nyaman dan enak...berendam sambil menikmati udara yang segarnya di iringin irama musik degung sunda...wahh..nyaman deh..!!


Kolam rendam di dalam Hotel Sari Ater








Di Sari Ater juga tempat yang baik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga..,Selain wisata air di Sari Ater juga ada fasilitas seperti wahana permainan buat anak-anak bahkan orang dewasa pun juga ada. Dari Paintball , Mobil ATV, Berkuda, Memancing, Flying Fox anak-anak..dan lain-lainnya.
 

Untuk lebih detailnya tentang Sari Ater ini kalian dapat liat langsung di websitenya http://www.sariater-hotel.com/  dan temukan pengalaman anda sendiri... !!!

No comments: